Media Tanam Untuk Tanaman Hidroponik

No comment 1393 views

tanaman-hidroponik

Mengenal Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Hidroponik

Mengenal Media Tanam yang Cocok untuk Tanaman Hidroponik. Sobat Hidroponik ceria dimanapun berada, pemberian makanan dalam sistem hidroponik menggunakan sebuah nutrisi khusus yang telah larut di dalam air. Variannya ada banyak sekali. Nah, di sini kita akan membahasnya beberapa yang utama.

Pertama adalah media arang sekam.

Kita yang hidup di Indonesia ini pasti mengenai arang sekam, sisa padi yang digiling. Kenapa arang sekam? Karena selain mudah di dapat, pada sekam yang telah dibakar biasanya telah terbebas dari berbagai kuman.Biarpun demikian, jangan salah karena arang sekam ini mampu memberikan anda hasil yang terbaik dalam menanam sayur mayur dan juga pembibitan bermacam-macam pohon.

Kedua adalah spons.

Perlengkapan untuk mencuci piring atau membersihkan area kaca jendela ini bagus jika dimanfaatkan sebagai salah satu media tanam hidroponik.

Ketiga adalah Rockwool.

Orang-orang juga menyebutnya dengan mineral wool. Ia adalah salah satu bahan non-organik yang berasal dari batuan yang telah dilelehkan. Bentuknya adalah semacam fiber berongga-rongga, berdiameter 6—10 mikromoter. Pada rockwool ini punya kemampuan dalam menahan air mencapai 10x . Juga menahan udara sebesar 20%, sehingga baik untuk untuk mendukung perkembangan organ akar tanaman. Pada rockwool, penggunaannya bukanlah selamanya. Akan tetapi hanya sekali saja. Keberadaannya sudah populer di antara para petani hidroponik.

Keempat adalah Coir atau disebut juga dengan cocopeat

Bahan yang asli dari alam terbuat dari sabut kelapa. Keberadaannya dapat difungsikan untuk menyemai biji tanaman hidroponik.

Kelima adalah Perlit

Sejenis kaca vulkanik amorf dengan kandungan air di dalamnya yang relatif tinggi. Kehadirannya dibentuk oleh adanya hidrasi obsidian, dimana pada proses tersebut sangat cocok untuk menetaskan telur hewan. Wow, benarkah? Ya memang benar adanya. Sehingga tak heran jika perlite ini digunakan unutk mepercepat proses pertumbuhan pada tanaman.

Keenam  adalah Pasir.

Pada media tanah pasir ini, bisa juga digunakan untuk pembenihan berbagai tanaman pantai dan juga pegunungan. Contohnya saja adalah penumbuhan buah kelapa di pantai dan juga biji kacang jenis sand bean.

Ketujuh adalah Kerikil.

Pada media tanam jenis batu kecil ini, dapat digunakan sebagai media tanam jika lokasinya adalah di dalam rumah kita. Karena pada kerikil ini mampu menambah kesan positif pada keindahan interior rumah.

Kedelapan adalah Serbuk kayu.

Pada serbuk kayu ini, biasanya digunakan untuk menanam aneka tanaman yang setiap harinya memerlukan kadar kelembaban tinggi, semisal jamur asasde.

Nah, bagaimana dengan semua varian media tanam tadi? Semoga menjadikan anda tak kehabisan ide untuk memilih media tanam yang sesuai dengan lingkungan anda.

Untuk informasi media tanaman hidroponik lain bisa mengunjungi temali.org.

author
Author: