Hidroponik

Hidroponik

Food production method in hydroponic plant system. Growing lettuce in greenhouse using mineral salt solution.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanoa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Cara ini menggunakan air lebih hemat, jadi sangat bagus bila diterapkan pada daerah yang kurang air.

Etimologi Hidroponik 

Hidroponik berasal dari kata yunani yaitu hydro dan ponos yang berarti daya. Hydroponik juga memiliki sebutan lain soilles culture atau budidaya tanaman tidak menggunakan tanah. Jadi istilah ini berarti budidaya tanaman yang menggunakan air dan tidak menggunakan tanah sebagai media nya.

Metode dasar

Dalam kajian bahasa, hidroponik berasal dari kata hydro yang berarti air dan ponos yang berarti kerja. Jadi, hidroponik memiliki pengertian secara bebas teknik bercocok tanam dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman, atau dalam pengertian sehari-hari bercocok tanam tanpa tanah. Dari pengertian ini terlihat bahwa munculnya teknik bertanam menggunakan metode ini diawali oleh semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman.

Dimanapun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap tumbuh baik apabila memiliki nutrisi yang cukup. Dalam bahasan ini fungsi dari tanah adalah untuk penyangga tanaman dan air yang ada merupakan pelarut nutrisi, ginnga kemudian dapat diserap tanaman. Pemikiran inilah yang akhirnya mengeluarkan teknik bernaman dengan cara ini, dimana yang ditekankan adalah pemenuhan kebutuhan nutrisi.

Sistem tanam dengan media air dapat diterapkan untuk mengatasi masalah kekurangan lahan yang semakin tahun semakin sempit. Diharapkan netode tanam ini dapat menjadi manfaat bagi masa depan karena mampu diberdayakan dalam kondisi lahan sempit.

Awal Mula Tanaman Hidroponik

Pada awalnya gericke mendefinisikan pertumbuhan tanaman air dengan larutan nutrien mineral. Cara ini adalah bagian dari budidaya tanpa tanah. Banyak budidaya tanpa tanah namun dengan larutan untuk cara ini.

Tanaman yang tidak ditumbuhkan dengan cara pada umumnya, akan dapat untuk tumbuh menggunakan sistem lingkungan yang dapat dikendalikan seperti hidroponik. Tampaknya NASA juga memanfaatkan metode ini pada program luar angkasanya. Ray Wheeler, seorang ahli fisiologi tanaman di Laboratorium Space Center Space Life Science, Kennedy, percaya bahwa hidroponik akan berkontribusi membuat kemajuan dalam perjalanan luar angkasa. Dia menyebutnya sebagai sistem bioregenerative life support.

Baca juga Membuat Kebun Tanaman Hidroponik Dirumah